Identitas Mata Kuliah :
Mata Kuliah : AS KEB V (kebidanan komunitas).
Program studi : D III Kebidanan Reguler
Semester : IV
Kode mata kuliah : BD 305
Pokok bahasan masalah : Strategi pelayanan kebidanan di komunitas
Sub pokok bahasan : - Pendekatan edukatif dalam peran serta masyarakat
-Pelayanan yang berorientasi pada kebutuhan masyarakat
- Menggunakan/ memanfaatkan fasilitas dan potensi yang ada di masyarakat.
Waktu pertemuan : 100 menit
Hari tanggal : Senin, 14 april 2008
Keterampilan yang di latih : Megelola kelas
A. Tujuan keterampilan dasar mengajar :
Pada proses pelatihan keterampilan mengajar ini di harapkan praktikan mampu memberi kesempatan mahasiswa berlatih, berfikir, berinteraksi sosial, berkomunikasi, dan meningkatkan kreativitasnya.
B. Tujuan pembelajaran
1. Tujuan pembelajaran umum
Setelah mata kuliah ini diberikan diharapkan mahasiswa ini mampu memahami hal-hal yang berhubungan dengan strategi pelayanan kebidanan di komunitas.
2. Tujuan pembelajaran khusus
Setelah menyelesaikan pembelajaran ini mahasiswa diharapkan
a. Mampu menjelaskan pendekatan edukatif dalam peran serta masyarakat
b. Mampu menjelaskan pelayanan yang berorientasi pada kebutuhan masyarakat
c. Mampu mempengaruhi masyarakat untuk menggunakan/memanfaatkan fasilitas dan potensi yang ada di masyarakat.tersebut
C. Materi Pokok
1. Difinisi pendekatan edukatif
2. Tujuan pendekatan edukatif
3. Peranserta masyarakat
4. Posyandu
5. Tingkat kemandirian posyandu dan intervensinya
6. Strategi penggerakan dan pemberdayaan masyarakat
7. Pokok-pokok kegiatan penggerakan dan pemberdayaan masyarakat.
D. Kegiatan belajar mengajar
Tahap/waktu (menit) | Kegiatan pengajar | Kegiatan Mahasiswa | Metode | Media/alat |
Pendahuluan 5 menit | 1. Membuka Pelajaran a Mengucapkan salam b Menjelaskan cakupan materi yang disampaikan saat ini c Menjelaskan relevansi pokok bahasan ini dengan profesi kebidanan d Menjelaskan tujuan pembelajaran ini | Memberi respon Memperhatikan Memperhatikan Memperhatikan | Ceramah Ceramah Ceramah Ceramah | |
Penyajian 40 menit | 2. Menjelaskan definisi pendekatan edukatif a. Menggali pengetahuan mahasiswa tentang pendekatan edukatif b. Memberi penguatan mahasiswa c. Menyimpulkan jawaban mahasiswa 3. Menjelaskan tujuan pendekatan edukatif a. Menggali pengetahuan mahasiswa tentang tujuan pendekatan edukatif b. Memberi penguatan mahasiswa c. Menyimpulkan jawaban mahasiswa 4. Menjelaskan peranserta masyarakat a. Menggali pengetahuan mahasiswa tentang peranserta masyarakat b. Memberi penguatan mahasiswa c. Menyimpulkan jawaban mahasiswa 5. Menjelaskan tentang posyandu a. Menggali pengetahuan mahasiswa tentang posyandu b. Memberi penguatan mahasiswa c. Menyimpulkan jawaban mahasiswa 6. Menjelaskan tingkat kemandirian posyandu dan intervensinya a. Menggali pengetahuan mahasiswa tentang tingkat kemandirian posyandu dan intervensinya b. Memberi penguatan mahasiswa c. Menyimpulkan jawaban mahasiswa 7. Menjelaskan strategi penggerakan dan pemberdayaan masyarakat a. Menggali pengetahuan mahasiswa tentang tingkat kemandirian posyandu dan intervensinya b. Memberi penguatan mahasiswa c. Menyimpulkan jawaban mahasiswa 8. Menjelaskan pokok-pokok kegiatan penggerakan dan pemberdayaan masyarakat a. Menggali pengetahuan mahasiswa tentang pokok-pokok kegiatan penggerakan dan pemberdayaan masyarakat b. Memberi penguatan mahasiswa c. Menyimpulkan jawaban mahasiswa | Memperhatikan dan memberikan sumbang saran Memperhatikan Memperhatikan dan mencatat Memperhatikan dan memberikan sumbang saran Memperhatikan Memperhatikan dan mencatat Memperhatikan dan memberikan sumbang saran Memperhatikan Memperhatikan dan mencatat Memperhatikan dan memberikan sumbang saran Memperhatikan Memperhatikan dan mencatat Memperhatikan dan memberikan sumbang saran Memperhatikan Memperhatikan dan mencatat Memperhatikan dan memberikan sumbang saran Memperhatikan Memperhatikan dan mencatat Memperhatikan dan memberikan sumbang saran Memperhatikan Memperhatikan dan mencatat | Ceramah dan tanya jawab Ceramah Ceramah Ceramah dan tanya jawab Ceramah Ceramah Ceramah dan tanya jawab Ceramah Ceramah Ceramah dan tanya jawab Ceramah Ceramah Ceramah dan tanya jawab Ceramah Ceramah Ceramah dan tanya jawab Ceramah Ceramah Ceramah dan tanya jawab Ceramah Ceramah | LCD LCD LCD LCD LCD LCD LCD |
Penutup 15 menit | 1. Mengevaluasi materi yang telah disampaikan dengan cara menunjuk salah satu mahasiswa untuk menjelaskan kembali tentang tujuan pendekatan edukatif, peranserta masyarakat. 2. Menyimpulkan secara singkat materi yang telah disampaikan 3. Mengucapkan salam penutup | Memberikan respon Memperhatikan Memberikan respon | | |
E. Referensi
1. Depkes RI , 2007. Kurikulum dan modul pelatihan bidan poskesdes dalam pengemabangan bidan siaga. Jakarta.
2. IBI pusat, 1999. Standar profesi kebidanan. Jakarta.
3. Sahlan, J.H. 1996. Kebidanan komunitas. Yayasan bina sumber daya kesehatan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar