A. DASAR PEMIKIRAN
Makanan bergizi adalah makanan konsumsi yang mengandung 3
guna (triguna)
1. Sebagai sumber tenaga
(makanan pokok)
2. Sebagai zat pengatur
3. Sebagai zat pembangun
Makanan sangat diperlukan bagi tubuh namun membutuhkan
pengolahan yang baik agar berfungsi maksimal bagi tubuh.Makanan tidak selalu
harus mahal banyak sekali makanan pertanian yang mengandung zat – zat yang
diperlukan oleh tubuh.
Pengetahuan menu seimbang seperti 4 sehat 5 sempurna sangat
dibutuhkan agar masyarakat mampu memaksimalkan hasil pertanian untuk memenuhi
gizi keluarga maka diperlukan penyuluhan tentang 4 sehat 5 sempuirna terutama
bagi masyarakat Bumi Sari yang sebagian besar bekerja sebagai petani.
B. Tujuan
1.
Tujuan Umum
Setelah
dilakukan penyuluhan individu, diharapkan dapat mengetahui, mengerti, dan
memahami tentang gizi seimbang 4 sehat 5 sempurna serta sumber – sumbernya secara
sederhana sehingga gizi dapat terpenuhi dengan baik.
2.
Tujuan Khusus
Individu dapat mengerti dan menjelaskan tentang:
a.
Pengertian 4 sehat 5 sempurna
b.
Manfaat 4 sehat 5 sempurna
c.
Sumber – sumber makanan 4 sehat 5 sempurna
d.
Akibat tidak terpenuhinya gizi.
C. Materi
1.
Pengertian 4 sehat 5 sempurna.
2.
Fungsi – fungsi zat makanan
3.
Tujuan pemberian nutrisi
4.
Sumber – sumber makanan 4 sehat 5 sempurna
5.
Akibat tidak terpenuhinya gizi.
6.
Yang perlu diperhatikan dalam menyusun menu
D. Metode
1.
Ceramah
2.
Diskusi dan tanya
jawab
E. Kegiatan Penyuluhan
NO
|
TAHAP
|
WAKTU
|
KEGIATAN
|
1.
2.
3.
|
Pembukaan
Pengembangan
Penutup
|
2’
10’
5’
|
1.
Perkenalan
2.
Menjelaskan tujuan
kegiatan
1.
Menggali pengetahuan ibu atau keluarga tentang 4 sehat 5 sempurna.
2.
Menjelaskan
tentang:
a.
Pengertian 4 sehat 5 sempurna.
b. Fungsi – fungsi zat
makanan
c. Tujuan pemberian nutrisi
d. Sumber – sumber makanan 4 sehat
5 sempurna
e. Akibat tidak terpenuhinya
gizi.
f. Yang perlu diperhatikan
dalam menyusun menu.
3.
Memberi kesempatan
untuk bertanya.
4.
Menjelaskan
tentang:
a.
Nasehat bagi ibu bila mengolah makanan.
1.
Menyimpulkan hasil
penyuluhan.
2.
Evaluasi
|
F. Media
1.
Lembar balik
2.
Leaflet 4 sehat 5
sempurna
G. Evaluasi
1.
Prosedur :
i.
Selama proses
penyuluhan.
ii.
Setelah proses
penyuluhan.
2.
Bentuk tes : Subyektif,
3.
Jenis tes : Lisan (pertanyaan–pertanyaan langsung)
LAMPIRAN
MATERI PENYULUHAN
4 SEHAT 5
SEMPURNA
1. Pengertian
Makanan bergizi adalah makanan konsumsi yang mengandung 3
guna (triguna)
a.
Sebagai sumber tenaga (makanan pokok)
b.
Sebagai zat pengatur
c.
Sebagai zat pembangun
Pola menu 4 sehat 5 sempurna adalah
pola menu seimbang yang bila disusun dengan baik mengandung semua zat gizi yang
dibutuhkan oleh tubuh.
2. Fungsi Zat Makanan
1.
Sebagai sumber
energi atau tenaga
2.
Menyokong
pertumbuhan badan
3.
Memelihara jaringan
tubuh
4.
Mengganti bagian atau sel – sel yang rusak
5.
Mengatur metabolisme dan mengatur berbagai keseimbangan (air, asam basa,
dan mineral dalam cairan tubuh)
3. Tujuan pemberian nutrisi
v Untuk memberi energi atau temaga
v Untuk mengganti
sel-sel yang rusak
v Untuk mengatur dan menggiatkan proses dalam tubuh
v Membentuk persediaan zat
makanan dalam tubuh
4. Menu 4 sehat 5 sempurna terdiri atas makanan sebagai berikut
1.
Makanan pokok untuk memberi rasa kenyang
Contohnya : nasi, jagung, ubi jalar, singkong, talas,
sagu serta hasil olahan seperti mie, bihun.
2.
Lauk untuk memberi rasa nikmat sehingga makanan pokok yang ada pada umumnya
mampunyai rasa netral lebih terasa enak.
a.
Lauk hewani : daging,ayam, ikan, telur dll
b.
Lauk nabati : kacang-kacangan dan hasil olahan seperti kacang kedelai,
kacang hijau, kacang merah tahu tempe dan oncom.
3.
Sayur untuk memberi rasa segar dan melancarkan proses menelan makanan karena
biasanya dihidangkan dalam bentuk berkuah
Contohnya : sayur daun-daunan, umbi-umbian,
kacang-kacangan dll
4.
Buah untuk mencuci mulut
Contohnya pepaya, nanas, pisang, jeruk dll
5.
Susu dan hasil olahan susu
Merupakan sumber kalsium paling baik, karena selailn
kadar kalsium yang tinggi, laktosa didalam susu membantu absorbsi susu didalam
saluran cerna, akan tetapi susu sedikit sekali mengandung zat besi dan vitamin
C
5. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun menu sehari-hari dalam rumah :
·
Nilai gizi
-
Tiap hidangan hendaknya seimbang dalam zat-zat makanan dan nilai gizinya
-
Makan pagi sam pentingnya dengan makan siang maupun malam
-
Perhatikan kebutuhan gizi yang harus dipenuhi untuk setiap anggota keluarga
·
Harga
-
Sesuaikan hidangan dengan keuntungan yang ada
-
Beri makanan sesuai musim
·
Mudah penyelenggaraannya
-
Hidangan tak perlu terdiri banyak
masakan
-
Pilih masakan yang tidak memakan waktu lama dalam menyajikannya
-
Buat makanan yang terdiri ber,macam-macam bahan makanan sekaligus seperti
gado-gado, soto komplit, brongkos, capcai
·
Makanan harus menarik untuk dinikmati
-
Hendaknuya makana disusun dan diganti tiap hari dan bervariasi
-
Perkenalkan makanan secepat mungkin kepada anak agar tidak mengalami
kesukaran dalam makanan
-
Usahakan rasa, warna bentuk dan aroma makanan yang menarik
·
Makanan hendaknya mudah di cerna terutama bagi anak-anak
·
Kebersihan makanan harus terjaga baik dari mikaroorganisme, dan zat-zat
yang lain
6. Akibat Gizi kurang pada proses tubuh

Anak tak akan tumbuh menurut potensialnya. Protein digunakan
sebagai zat pembakar, sehingga otot menjadi lembek dan rambut mudah rontok

Kekurangan energi
berasal dari makanan , menyebabkan seseorang kekurangan tenaga untuk
bergerak, bekerja dan melakukan aktivitas. Orang menjadi malas, lemas dan
produktivitas kerja menurun.

Daya tahan terhadap tekanan atau stress menurun. Sistem
imunitas dan antibodi berkurang, sehingga orang mudah terserang infeksi seperti pilek, batuk, dan diare. Pada
anak-anak hal ini dapat membawa kematian.
DAFTAR PUSTAKA
Hardinsyah, 1988, Menaksirkan
Kecukupan Energi dan Protein Serta Penilaian Mutu
Gizi Konsumsi Pangan. Bogor : IPB
Suhardjo, 1992, Prinsip-prinsip
Ilmu Gizi. Bogor : IPB
Almtsier, Sunita, 2004 Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta : Gramedia
Mansjoer et all, 1999. Kapita Selekta Kedokteran. Jakarta : Media Ausculapius
Tidak ada komentar:
Posting Komentar