Tolong Klik Disini Untuk Membantu Saya Membeli Roti Setiap Harinya!

Laporan Pendahuluan Epilepsi


LAPORAN PENDAHULUAN

Kelompok                   : VI (Tingkat II Ekstensi)
Waktu                         : 45 menit
Tempat                        : Keluarga A, JL.Bumi Manti, Kec. Kampung Baru,
Bandar Lampung


I. Latar Belakang
Epilepsi atau Penyakit Ayan adalah penyakit saraf menahun yang menimbulkan serangan mendadak berulang-ulang tak beralasan.
Epilepsi adalah suatu penyakit yang ditandai dengan kecenderungan untuk mengalami kejang berulang. Kata ‘epilepsi’ berasal dari bahasa Yunani (Epilepsia) yang berarti ‘serangan’.

Penyakit epilepsi merupakan manifestasi klinis berupa muatan listrik yang berlebihan di sel-sel neuron otak berupa serangan kejang berulang.  Lepasnya muatan listrik yang berlebihan dan mendadak, sehingga penerimaan serta pengiriman impuls dalam/dari otak ke bagian-bagian lain dalam tubuh terganggu

2% dari penduduk dewasa pernah mengalami kejang. Sepertiga dari kelompok tersebut mengalami epilepsy. Sekitar satu dari 100 orang di Amerika Serikat akan mengalami serangan tak beralasan dalam hidup mereka . Namun, kejang sekali tidak berarti memiliki epilepsi. Setidaknya dua serangan tak beralasan diperlukan untuk diagnosis epilepsi .

Bahkan kejang ringan mungkin memerlukan pengobatan, karena mereka dapat berbahaya selama melakukan aktivitas seperti mengemudi atau berenang. Pengobatan termasuk obat dan kadang – kadang operasi biasanya hanya menghilangkan atau mengurangi frekuensi dan intensitas kejang.


II. Rencana Keperawatan
a. Diagnosis Keperawatan Komunitas
1). Risiko meningkatnya kasus epilepsi pada keluarga.
2). Kurangnya pengetahuan keluarga.
b. Tujuan Umum
Setelah dilaksanakan asuhan keperawatan komunitas diharapkan kasus epilepsi yang terjadi di keluarga mengalami penurunan sebesar 40 %.
c. Tujuan Khusus
     Setelah mengikuti penyuluhan ini masyarakat dapat :
1. Memahami pengertian epilepsi dengan bahasa sederhana.
2. Mengetahui faktor – faktor penyebab epilepsi.
3. Mengetahui tanda dan gejala dari epilepsi.
4. Mengetahui Klasifikasi dari epilepsi.
5. Mengetahui pemeriksaan penunjang/diagnostik yang berhubungan dengan epilepsi.

Tidak ada komentar: