Tujuan penyuluhan
a. Umum
Setelah dilakuakn penyuluhan diharapkan keluarga
dapat memahami bahaya karies gigi
b. Khusus
Setelah dilakukan penyuluahn diharapkan keluarga
dapat mengetahui tentang :
- Penyakit karies gigi
- Penyebab karies gigi
- Akibat karies gigi
- Kebiasaan yang merugikan bagi kesehatan gigi
- Perawatan kesehatan gigi dan mulut yang baik
- Syarat-syarat sikat gigi yang baik
- Cara menggosik gigi ( menyikat gigi )
Kegiatan penyuluhan
a. Materi : Perawatan kesehatan gigi
1. Penyakit karies gigi
2. Penyebab karies gigi
3. Akibat karies gigi
4. Kebiasaan yang merugikan bagi kesehatan
gigi
5. Perawatan kesehatan gigi dan mulut yang
baik
6. Syarat-syarat sikat gigi yang baik
7. Cara menggosik gigi ( menyikat gigi )
b. Langkah-langkah kegiatan / strategi
Langkah
|
Kegiatan
|
1. Pembukaan ( 1 menit )
|
1. Mahasiswa mengucapkan salam
2. Keluarga menjawab salam
|
2. Apresiasi (6 menit)
|
1. Mahasiswa menanyakan pengetahuan keuarga
tentang karies gigi meliputi : Pengertian, penyebab, akibnat karies gigi,
Kebiasaan yang merugikan bagi kesehatan gigi, Perawatan kesehatan gigi dan
mulut yang baik, Syarat-syarat sikat gigi yang baik,Cara menggosik gigi (
menyikat gigi )
2. Keluarga memperhatiakn dan menjawab
pertanyaan
|
3. Informasi (3menit)
|
1. Mahasiswa memberikan informasi tentang
topik yang akan disampaikan dan tujuan penyuluhan
2. Keluarga memperhatiakn informasi yang
diberikan
|
4. Penyuluhan (30 menit)
|
1. Mahasiswa menjelaskan tentang perawatan
kesehatan gigi meliputi : Pengertian, penyebab, akibnat karies gigi,
Kebiasaan yang merugikan bagi kesehatan gigi, Perawatan kesehatan gigi dan
mulut yang baik, syarat-syarat sikat gigi yang baik,cara menggosik gigi
(menyikat gigi)
2. Keluarga memperhatikan penjelasan yang
diberikan
3. Mahasiswa memberikan keluarga untuk
bertanya bila ada penjelasan yang kurang dipahami
4. Keluarga menanyakan tentang materi yang
belum dipahami
5. Mahasiswa menstimulasi keluarga untuk
menjawab pertanyaan yang diajukan
6. Keluarga menjawab pertanyaan yang
diajukan
7. Mahasiswa menjelaskan kembali materi
yang belum dipahami keluarga
8. Keluarga memperhatikan dengan baik
|
5. Demonstrasi (15 menit)
|
1. Mahasiswa mendemonstrasikan cara
menggosok gigi yang benar
2. Keluarga memperhatikan dengan baik
3. Anak-anak memperagakan cara menggosok gigi
yang benar
|
6. Penutup (5 menit)
|
1. Mahasiswa mengajukan beberapa pertanyaan
secara lisan untuk mengevaluasi tingkat pemahaman keluarga tentang materi
yang telah diberikan
2. Keluarga menjawab pertanyaan yang
diajukan
3. Mahasiswa menyimpulkan materi
4. Keluarga memeperhatikan
5. Mahasiswa mengucapkan salam
6. eluraga menjawab salam
|
Sarana penunjang
a. Metode : Ceramah, tanya
jawab dan demonstrasi
b. Media : 1. Leaflet karies
gigi
2. Lembar balik
3. Alat peraga
Evaluasi
a. Struktur : 1. Ruangan
kondusif untuk kegiatan
2. Peralatan memadai dan berfungsi
3. Media dan materi tersedia dan memadai
b. Proses : 1. Ketepatan
waktu pelaksanaan
2. Peran serta aktif keluarga
3. Kesesuaian peran dan fungsi mahasiswa
4. Faktor
pendukung dan penghambat kegiatan
c. Hasil
Terkait dengan tujuan yang ingin dicapai
- Tes lisan
Mahasiswa mengajukan beberapa pertanyaan secara
langsung kepada keluarga tentang materi yang diberikan. Bila keluarga dapat
menjawab pertanyaan > 75 % dari pertanyaan yang diajukan, maka penyuluhan
dinyatakan berhasil.
2. Tes
tertulis
Mahasiswa
menyebarkan kuis sebanyak 7 pertanyaan, jawaban dengan nilai > 4
dikategorikan pengetahuan baik.
Pertanyaan :
1. Apakah yang dimaksud dengan karies gigi ?
2. Sebutkan penyebab karies gigi
3. Sebutkan akibat karies gigi
4. Sebutkan kebiasaan yang merugikan bagi
kesehatan gigi
5. Sebutkan perawatan kesehatan gigi dan
mulut yang baik
6. Sebutkan syarat-syarat sikat gigi yang
baik
7. Bagaimanakah cara menggosik gigi (
menyikat gigi )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar