Tolong Klik Disini Untuk Membantu Saya Membeli Roti Setiap Harinya!

LAPORAN HASIL PELAKSANAAN KEGIATAN TERAPI AKTIVITAS KELOMPOK (TAK)



Stuktur Kelompok
Sesi I dan II
  • Leader             : Randy Eka Putra
  • Co leader         : Randi Ariasta Mukhlisin
  • Fasilitator        : Arif Lukman Tuah Sagala
Fahrian Noviandi Dwi Putra
Feriyal Sepriza FH
Tri Andrie Kurniawan
  • Observer          : Fitri Hartini
  • Klien               :Andres
Dendi
Mudin
Piter
Yeyen
·      Tanggal           :25 N0vember 2010


Sesi III,IV dan V
  • Leader             : Ferdian Dwi Saputra
  • Co leader         : Danang Amali Puja
  • Fasilitator        : Dian Karoseri
Ni Putu Laksmi G
Sukma Mahardika
  • Observer          : Nanda Putritama. AR
  • Klien               :Andres
Dendi
Mudin
Piter
Yeyen
·      Tanggal           : 26 november 2010


Evaluasi Struktur
Sesi I dan II             
·         Dalam pelaksanaan TAK, ada keterlambatan waktu dalam memulai pelaksanaan yaitu terlambat 1 jam
·         Dalam pelaksanaan TAK, jumlah klien yang direncanakan hanya 4 orang namun Pembimbing lahan menyarankan untuk menambah satu klien lagi , sehingga jumlah klien yang mengikuti TAK menjadi 5 orang.
·         Alat yang disiapkan tidak digunakan dengan semestinya .
·         Metode bermain peran/simulasi tidak dilakukan.
·         Suasana saat kegiatan TAK Sesi I dan II menyenangkan, berlangsung aman dan nyaman namun ada beberapa klien yang kurang semangat.
·         Klien dan terapis duduk bersama membentuk lingkaran memanjang.
·         Peserta sepakat untuk mengikuti kegiatan sampai selesai.
·         Leader, Co-leader, Fasilitator, observer telah berperan dan melaksanakan kegiatan TAKS dengan baik.

Sesi III, IV, V
·         Dalam pelaksanaan terapi aktivitas kelompok (TAK) ,terjadi keterlambatan 1 hari dan waktu 30 menit dari waktu yang ttelah direncanakan sebelumnya.
·         Dalam pelaksanaan terapi aktivitas kelompok (TAK), klien berjumlah 5orang yang telah dipilih dan dikontrak fasilitator untuk kegiatan TAK
·         Peralatan yang dipergunakan untuk kegiatan TAK cukup lengkap sesuai dengan yang telah direncanakan antara lain papan tulis, spidol,jadwal kegiatan harian, nama untuk perawat dan peserta TAK telah siap digunakan.
·         Klien dan terapis duduk bersamaan dengan setting berbentuk lingkaran
·         Peserta sepakat untuk mengikuti kegiatan sampai selesai.






Evaluasi Proses
Sesi I dan II

·         Leader telah membuat suasana menjadi semangat dan menyenangkan.
·         Co Leader kurang berperan aktif dalam membantu Leader baik untuk berbicara maupun dalam menghangatkan suasana akan tetapi secara keseluruhan co leader sudah dapat membantu leader.
·         Fasilitator sudah berperan dengan baik dalam memotivasi klien mengikuti TAK.
·         Klien kooperatif dan mengikuti kegiatan TAK Halusinasi dari awal hingga akhir.
·         Observer dapat mengobservasi kegiatan TAK Halusinasi dengan semestinya.

Evaluasi Proses
Sesi III, IV, V

·         Kegiatan berlangsung cukup lancar dan kondusif sesuai dengan yang telah direncanakn.
·         Leader, co leader, fasilitator maupun observer telah bekerjasama ddengan cukup baik.
·         Selama kegitan berlangsung, vokal tervis cukup baik, pengorganisasiannya baik, urutan kerja terapis cukup baik.
·         Leader telah mampu memberikan motivasi yang cukup baikm kkepada klien sehingga klien telah dapat mengikuti kegiatan dengan baik, tetapi leader kuramg mampu menanyakan manfaat dari kegiatan kepada peserta TAK.
·         Co leader sudah berperan aktif dalam membantu Leader baik untuk berbicara maupun untuk menghangatkan suasana.
·         Fasilitator sudah berperan dengan baik selama kegiatan berlangsung. Akan tetapi, motivasi dan perhatian yang diberikan fasilitator kepada peserta masih kurang.
·         Klien cukup koopertif dan mengikuti kegiatan TAK dari awal hingga akhir.
·         Observer dapat mengobservasi kegiatan.
Evaluasi Hasil


Sesi I TAK
Stimulasi persepsi : halusinasi
Kemampuan mengenal halusinasi

No
Nama Klien
Menyebut isi  halusinasi
Menyebut waktu terjadi halusinasi
Menyebut situasi terjadi halusinasi
Menyebut perasaan saat halusinasi
1
Andres
Mendengar suara teman-teman
-
Diam
Ingin pulang
2
Dendi
Mendengar suara kicauan burung
Pagi hari
-
Biasa saja
3
Mudin
Mendengar suara ibu mengajak pulang
Mau tidur
-
Ingin pulang
4
Piter
Mendengar seseorang memanggil namanya
Selama diRSJ
Diam
Ingin sembuh
5
Yeyen
Mendengar  orang tertawa
Malam hari
Melamun
Merinding


Dokumentasi
Kesimpulan yang didapat di SESI 1 TAK Halusinasi :
Semua klien mengikuti SESI 1 TAK halusinasi dari awal sampai akhir kegiatan dengan hasil seperti yang tertera ditabel atas. Semua klien mampu menyebutkan isi Halusinasi dan perasaan saat terjadi Halusinasi, namun ada beberapa klien yang tidak mampu menjelaskan kapan waktu terjadinya Halusinasi dan situasi saat halusinasi itu muncul. Secara keluruhan tingkat keberhasilan 80 %.




Sesi II TAK
Stimulasi persepsi : halusinasi
Kemampuan menghardik halusinasi

No
Aspek yang dinilai
Nama Klien
Andres
Dendi
Mudin
Piter
Yeyen
1
Menyebutkan cara yang selama ini digunakan mengatasi halusinasi
2
Menyebutkan efektivitas cara
3
Menyebutkan cara mengatasi halusinasi dengan menghardik
4
Memperagakan menghardik halusinasi


Dokumentasi
Kesimpulan yang didapat di SESI II TAK halusinasi :
Secara keseluruhan Semua klien mengikuti SESI II TAK halusinasi dari awal sampai akhir kegiatan dengan hasil seperti yang tertera pada ditabel atas. Selain itu hasil juga menunjukkan bahwa semua klien mampu melakukan tindakan dengan baik, sesuai dengan target – target yang sudah ditentukan pada tabel diatas. Tingkat keberhasilan dalam Menghardik Halusinasi adalah 95%.
Dan semua klien lolos untuk melanjutkan SESI berikutnya.







                                               Sesi III TAK
Stimulasi persepsi : Halusinasi
Kemempuan mencegah halusinasi dengan melakukan kegiatan


No
Aspek yang dinilai
Nama Klien
Andres
Dendi
Mudin
Piter
Yeyen
1
Menyebutkan kegiatan yang bisa dilakukan






2
Memperagakan kegiatan yang bisa dilakukan








3
Menyusun jadwal kegiatan harian





4
Menyebutkan dua cara mengontrol halusinasi






Dokumentasi
Kesimpulan yang didapat di sesi III TAK :
Secara keseluruhan semua klien mampu mengikuti kegiatann SESEI III TAK simulasi persepsi : halusinasi klien mampu memperagakan kegiatan harian terjadwal. menganjurkan melakukan kegiatan seperti menyapu untuk mencgah halusinasi. Secara keseluruhan tingkat keberhasilan 100%.







Sesi IV TAK
Stimulasi persepsi : Halusinasi
Kemampuan bercakap cakap untuk mencegah halusinasi


No.
Aspek yang dinilai
Nama Klien
Andres
Dendi
Mudin
Piter
Yeyen
1
Menyebutkan orang yang bisa diajak bicara



×


×
2
Memperagakan percakapan





×
3
Menyusun jadwal percakapan





4
Menyebutkan 3 cara mengontrol dan mencegah halusinasi






Dokumentasi
Kesimpulan yang didapat di SESI IV TAK stimulasi persepsi : halusinasi
Klien mampu menyebutkan orang yang bisa diajak bicara,memperagakan percakapan( klien Andres, dan Mudin dibantu dalam memperagakan) ,menyusun jadwal percakapan,menyebutkan 3 cara mengontrol dan mencegah halusinasi( klien Mudin mapu menyebutkan 3 cara dan selanjutnya dibantu oleh  fasilitator).  Secara keseluruhan tingkat keberhasilan 80%







Sesi V TAK
Stimulasi persepsi : Halusinasi
Kemampuan Patuh minum obat untuk mencegah halusinasi


No.
Nama Klien
Menyebutkan 5 benar cara minum obat
Menyebutkan keuntungan minum obat
Menyebutkan akibat tidak patuh minum obat
1
Andres
2
Dendi
3
Mudin
4
Piter
×
5
Yeyen

Dokumentasi
Kesimpulan  yang didapat di SESI V TAK stimulasi persepsi : halusinasi
Klien mampu menyebutkan 5 benar minum obat kecuali klien Piter dalam menyebutkan 5 benar minum obat dibantu oleh fasilitator, klien menyebutkan manfaat obat dan akibat tidak patuh obat (kambuh) .Menganjurkan klien minum obat dengan cara yang benar. Secara keseluruhan tingkat keberhasilan 95%

Tidak ada komentar: