Stuktur Kelompok
- Leader : Ayu Wulandari
- Co leader : Dinia Ayu Agistiningrum
- Fasilitator :
1. Dara Nariesta R.
2. Fransiska Titik A.
3. Winda Agustina
4. Xantia Novita
- Observer : Dahlia Yuniar
- Klien :
1. Teti
2. Sumarni
3. Suparni
4. Yeni
5. Ency
6. Ayun
7. Sitiah
Evaluasi Struktur
·
Dalam
pelaksanaan Terapi Aktifitas Kelompok Sosialisasi (TAKS), terjadi keterlambatan
waktu kurang lebih 30 menit dari waktu yang telah direncanakan sebelumnya.
·
Dalam
pelaksanaan Terapi Aktifitas Kelompok Sosialisasi (TAKS), klien berjumlah 5
orang yang telah dipilih dan dikontrak fasilitator untuk kegiatan TAKS.
·
Peralatan
yang dipergunakan untuk kegiatan Terapi Aktifitas Kelompok Sosialisasi (TAKS) kurang
lengkap antara lain papan tulis, spidol, laptop dan sound untuk memutar
lagu,bola yang dipergunakan dalam permainan, nama untuk perawat maupun nama
untuk pasien peserta TAKS belum siap tersedia.
·
Klien
dan terapis duduk bersama dengan
setting berbentuk lingkaran
·
Peserta
sepakat untuk mengikuti kegiatan sampai selesai
Evaluasi Proses
·
Kegiatan
berlangsung cukup lancar dan kondusif sesuai dengan yang telah direncanakan.
·
Leader,
co leader, fasilitator maupun observer dan operator telah bekerjasama dengan
cukup baik.
·
Selama
kegiatan berlangsung, vokal terapis cukup baik, pengorganisasiannya baik,
urutan kerja terapis juga cukup baik.
·
Leader
telah mampu memberikan motivasi yang cukup baik kepada klien sehingga klien
dapat mengikuti kegiatan dengan baik. Tetapi, leader juga kurang mampu untuk
menanyakan manfaat dari kegiatan kepada peserta TAKS.
·
Co
Leader sudah berperan aktif dalam membatu Leader baik untuk berbicara maupun
dalam menghangatkan suasana.
·
Fasilitator
sudah berperan dengan baik selama kegiatan berlangsung. Akan tetapi, motivasi
dan perhatian yang diberikan fasilitator kepada peserta masih kurang, sehingga
peserta ada yang mengikuti kegiatan dengan malas-malasan, malah ada peserta
yang berbicara dengan fasilitator. Selain itu, vokal fasilitator terlalu keras,
hampir sama dengan vokal leader dan berbicaranya secara bersamaan, sehingga
terdengar seperti keributan. Seharusnya fasilitator lebih memotivasi klien dan
vokalnya lebih rendah daripada vokal leader.
·
Klien
cukup kooperatif dan mengikuti kegiatan TAK Sosialisasi dari awal hingga akhir,
tetapi ada satu klien yang gelisah dan ingin cepat-cepat keluar dari ruangan
TAK, tetapi dapat ditenangkan oleh fasilitator.
·
Di
akhir terapi rencana tindak lanjut dan kontrak yang akan datang tidak disampaikan leader kepada seluruh peserta
TAKS.
·
Observer
dapat mengobservasi kegiatan TAKS sebagaimana mestinya meskipun terdapat
beberapa kekurangan seperti ada miskomunikasi dengan leader.
Evaluasi Hasil
TAK Sosialisasi
Kemampuan Klien Memperkenalkan
Diri dan Berkenalan
a. Kemampuan verbal
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Nama klien
|
||||||
Teti
|
Sumarni
|
Suparni
|
Yeni
|
Ency
|
Ayun
|
Sitiah
|
||
1
|
Menyebutkan nama lengkap
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
|
2
|
Menyebutkan nama panggilan
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
|
3
|
Menyebutkan asal
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
|
4
|
Menyebutkan hobi
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
|
5
|
Menanyakan nama lengkap
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
|
6
|
Menanyakan nama panggilan
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
|
7
|
Menanyakan asal
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
|
8
|
Menanyakan hobi
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
|
|
b.
Kemampuan non verbal
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Nama klien
|
||||||
Teti
|
Sumarni
|
Suparni
|
Yeni
|
Ency
|
Ayun
|
Sitiah
|
||
1
|
Kontak mata
|
√
|
√
|
√
|
×
|
×
|
|
|
2
|
Duduk tegak
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
|
3
|
Menggunakan bahasa tubuh yang sesuai
|
√
|
√
|
√
|
√
|
×
|
|
|
4
|
Mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
|
|
Dokumentasi
Kesimpulan yang didapat dalam TAK Sosialisasi:
·
Secara
keseluruhan semua klien mengikuti kegiatan TAK Sosialisasi dari awal sampai
akhir kegiatan dengan hasil seperti yang tertera pada tabel di atas. Selain itu
hasil juga menunjukkan bahwa semua klien mampu memperkenalkan diri dan berkenalan
dengan teman-temannya di RSJ provinsi Lampung. Keseluruhan tingkat keberhasilan
dalam berkenalan adalah 80 %.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar