Tolong Klik Disini Untuk Membantu Saya Membeli Roti Setiap Harinya!

SATUAN PENYULUHAN GIZI BURUK



1.      Latar Belakang

Kualitassumberdayamanusiamerupakansaratmutlakmenujupembangunan di segalabidang, status gizimerupakansalahsatufaktor yang sangatberpengaruhpadakualitas SDM, yang terutama yang terkaitdengankecerdasan, produktivitas, kreativitas.
Keadaangiziburukitusendirimerupakansalahsatufaktor penghambatkecerdasanproduktivitasdankreativitas.Giziburukmerupakankuranggiziyagdisebabkanrendahnyakonsumsienergidan protein dalammakanansehari-harisehinggatidakmemenuhiangkakecukupangizi (AKG).
Persoalantersebut di masyarakatawam yang terkaitdenganmasalahkesehatanadalahkurangnyapengetahuan, untukitulahperluadanyapenyebaran-penyebaraninformasitentangmasalah-masalahkesehatan.
Perawatsebagaibagiandaritimkesehatanmemilikitanggungjawab untukikutsertadalamupayadalampenanggulangangiziburukdenganjalanmemberikanpenyuluhangiziburuk.

  1. Tujuan

2.1     TujuanUmum
Setelahdilakukanpenyuluhandiharapkankeluargadapatmengerti, carapencegahandanperawatananggotakeluarga yang menderitagiziburuk.

2.2 TujuanKhusus
Setelahdilakukanpenyuluhankeluargadapat :
a.       Menjelaskanpengertiangiziburuk
b.      Menyebutkanpenyebabgiziburuk
c.       Menyebutkantandadangejalagiziburuk
  1. SasaranPenyuluhan

Penyuluhan kesehatan mengenai GIZI BURUK dalam hal ini ditujukan kepada keluarga yang rentan mengalami gizi buruk.
Sasaranpenyuluhaniniadalahkeluarga An. M.

  1. Tempat Dan WaktuPelaksanaan

Tempat            :  Desa Kota Raman kec. Raman Utara, Lampung Timur                      
Hari/tanggal    : Jum’at, 14 Januari 2011
Waktu             : 10.00 WIB s/d selesai

  1. Isi Materi

a.    Pengertiangiziburuk
b.    Penyebabgiziburuk
c.    Tandadangejalagiziburuk
d.   Cara pencegahangiziburuk

  1. Metodedan Teknik

6.1 Metode
Metode yang dilakukan adalah dengan melakukan :
a.    Ceramah
b.    Tanya jawab

6.2 Teknik
Teknik yang digunakan adalah dengan melakukan :
a.    Menyiapkan materi yang akan disajikan
b.    Menjelaskan tujuan dari promosi yang akan dilakukan.
c.    Menyajikan materi kemudian melakukan diskusi dan tanya jawab

  1. Alatperaga

a.       Leaflet
b.       Lembar Balik

  1. Rencanakegiatan

8.1    Persiapan

a.    PembuatanSatuan Penyuluhan dengan materi GIZI BURUK berdasarkan referensi yang ada.
b.    Membuat materi di lembar balik
c.    Menentukan waktu pelaksanaan dan tempat pelaksanaan
d.   Menyiapkan sasaran

8.2    Pelaksanaan

a.    Pembukaanataupelaksanaankepadapeserta
b.    Melakukanpre testdengantanyajawablangsung
c.    Melakukanpost testdengantanyajawablangsung
d.   penutup

8.3    AlokasiWaktuPelaksanaan

a.    Pembukaan                    : 5 menit
b.    Penyampaianmateri        : 10 menit
c.    Tanya jawab                   : 10 menit
d.   Penutup                          : 5 menit




9      Evaluasi

Evaluasidilakukansecaralangsungyaitudenganmelakukan Tanya jawabdengankriteria :
a.       Dapatmenjelaskangiziburuk
b.       Dapatmenyebutkanpenyebabgiziburuk
c.       Dapatmenyebutkantandadangejalagiziburuk
d.      Dapatmenjelaskancarapencegahangiziburuk



Lampiranmateri

“GIZI BURUK”

1.      Pengertian

Giziburuk (kurangenergi protein- KEP )adalahkeadaankuranggizi yang disebabkanrendahnyakonsumsienergidan protein dalammakanansehari- harisehinggatidakmemenuhiangkakecukupangizi (AKG).
2.      Penyebab

Giziburukdisebabkanolehdefisiensi protein, danbiasanyakarenabahanmakanan yang dimakanitukurangmengandungnutrisilainnya, makadefisiensitambahaniniakanmenyebabkanperbedaangambaran di berbagainegeri, umumnyadibanyaknegeridefisiensi protein disertaidefisiensikalorisehinggaseringpenderitamenunjukkangejalasepertikwarsiokormaupun marasmus.
3.      Tandadangejala

a.       KEP berattipekwarshiokor
1)      Edema, umumnyaseluruhtubuhterutamapada kaki (Dorsum pedis)
2)      Wajahmembulatdantampaksembab
3)      Pandanganmatasayu
4)      Rambut tipis, kemerahansepertiwarnarambutjagungdanmudahdicabuttanpa rasa sakit, rontok.
5)      Perubahan status mental :cengeng, rewel, dankadangapatis.
6)      Pembeseranhati
7)      Ototmengecil (hipotrofi) lebihnyatabila di periksapadaposisiberdiriataududuk.
8)      Seringdisertaiinfeksi, anemia, dandiare

b.      KEP berattipe marasmus
1)      Tampaksangatkurus.
2)      Wajahseperti orang tua
3)      Cengeng, rewel
4)      Kulitkeriput, jaringanlemakdan sub kutissangatsedikitsampaitidakada
5)      Perutcekung
6)      Seringdisertaipenyakitkroniksepertidiarekronik

c.       KEP berattipecampuran
Gambaranklinismerupakancampurandaribeberapagejalaklinikyaitucampurankwarshiokordan marasmus
4.      Pencegahan
4.1     Untuk yang telahmengalami
Bawakepuskesmasataurumahsakitterdekat
4.2 Untuk yang belumterjadi
1)   Pemberianmakandengangiziseimbang
Ada beberapaunsurgizi yang harusdicukupiolehseseorang, yang dibagimenjadi 3 kelompokutamayaitu :
a.    Sebagaisumbertenaga ( karbohidrat dan lemak)
Sumberkarbohidrat :beras, tepung-tepungan, gula, buah.
Sumberlemak: mentega, margarin, minyakkelapa, cream, lemakhewandankacang-kacangan.
b.    Sebagaizatpembangun (protein)
Sumberprotein :dagingsapi, ayam, ikan, telur, susu, tahu, tempedankacang-kacangan.
c.    Sebagaizatpengatur (vitamin dan mineral)
Sumber vitamin     : buah-buahan dan sayuran
Sumber mineral     : air putih (8 gelas/hari)


DAFTAR PUSTAKA

John Biddlph& John Stace 1989, KesehatanAnak, Gajah Mada University Press
MansjoerAriefdkk 2000.KapitaSelektaKedokteranJilid 2 Jakarta Media Aesculapius
Ngastiyah.PerawatanAnakSakit, PenerbitBukuKedokteran EGC
SuriadiYuliati 2001. AsuhanKeperawatanPadaAnak, Jakarta PT Fajar



Tidak ada komentar: