Antisocial Personality Disorder
GangguanKepribadianAntisosial
GangguanKepribadianAntisosial
Gangguankepribadianantisosialsecaraklinismerupakangangguankarakterkronissepertisifatmenipu, pemaksaandancenderungberlawanandengan orang-orang secaraumumnya.Penderitagangguankepribadianantisosialinipadaumumnyaadalahperilakukriminal.
Individupengidapgangguan kepribadianantisosialkurangpedulidenganmoralitasdanstandarhukum yang berlaku di dalammasyarakat, bahkanmerekacenderunguntukmelawanhukum-hukumsosial yang berlaku.
KRITERIA GANGGUAN
Gangguankepribadianantisosialdidiagnosabilaindividusudahberadadiatas 18 tahun.
1) Kerabmelakukankekerasan yang bertentangandengannormamasyarakatsetempat;
- Mengulangiperilakuuntukbeberapakalinyadengantujuania agar dapatditangkap
- Menggunakannamasamarandanpengulangansecaraterusmenerusuntukberbohong,
SIMTOM
- Kebiasaanmencuridankebiasaanberbohonghampirsetiapsaat
- Pengulanganpelanggaranterhadaphukumberulang
- Tendensiterhadapkekerasanpadakepemilikan orang lain, kekerasanseksualdanemosi
- Agresif, perilakukekerasanatauterlibatperkelahian
- Mudahteragitasiatauperasaan-perasaan yang merujukpadadepresi
- Kesulitandalammembinahubungandengan orang lain
- Tidakramahatautidakmenyenangkan
- Sembronodanimpulsif
- Tidakada rasa penyesalandancenderungmenyakiti orang lain
- Melakukantindakan-tindakan yang membahayakan orang lain
- Kesulitandalammempertahankanpekerjaannya
- Mudahfrustrasi
FAKTOR PENYEBAB
Perilakuantisosialberkembangdanterbentukdarihubungansosialdalamrumahtangga yang penuhdengankekerasan, komunitasmasyarakatdanlingkunganpendidikan yang penuhkekerasanjugaikutmempengaruhiterbentuknyagangguanantisosial. Hal iniakanmempengaruhitemperamendansikaplekasmarahpadaanak, kemampuanberpikir, keterlibatandalamkenakalanremaja, terlibatdalamkekerasandankriminaliasdanrendahnyapenyelesaianpermasalahan. Perilakuantisosialberhubunganeratdenganpelbagaibentukperilakulainnyadanmasalahperkembangansepertihiperaktif, depresi, kesulitanbelajar, danimpulsif.
Beberapafaktorpenyebabterbentuknyagangguankepribadianantisosial;
- Anak yang mengalamikekerasanfisikataudisertaikekerasanseksual
- Anak yang mengalamipenolakandarikeluargadanlingkungan
- Anakdariorangtuapenderitaantisosialjuga
- Anakdariorangtuapenggunaalkohol
- Terlibatdalamkelompokbermaindenganperilakuantisosial
- Kehidupanrumahtangga yang kacau
- Kurangnyapendidikandariorangtua
- Anaktumbuhdariorangtua yang terpisah, meninggalataubercerai
- Memilikigangguanperhatian
- Memilikigangguandalammembaca
- Kemiskinan, pengangguranatausebab-sebabekonomilainnya
- Faktor-faktorneurobiologi;
Individupengidapgangguan kepribadianantisosialkurangpedulidenganmoralitasdanstandarhukum yang berlaku di dalammasyarakat, bahkanmerekacenderunguntukmelawanhukum-hukumsosial yang berlaku.
KRITERIA GANGGUAN
Gangguankepribadianantisosialdidiagnosabilaindividusudahberadadiatas 18 tahun.
1) Kerabmelakukankekerasan yang bertentangandengannormamasyarakatsetempat;
- Mengulangiperilakuuntukbeberapakalinyadengantujuania agar dapatditangkap
- Menggunakannamasamarandanpengulangansecaraterusmenerusuntukberbohong,
SIMTOM
- Kebiasaanmencuridankebiasaanberbohonghampirsetiapsaat
- Pengulanganpelanggaranterhadaphukumberulang
- Tendensiterhadapkekerasanpadakepemilikan orang lain, kekerasanseksualdanemosi
- Agresif, perilakukekerasanatauterlibatperkelahian
- Mudahteragitasiatauperasaan-perasaan yang merujukpadadepresi
- Kesulitandalammembinahubungandengan orang lain
- Tidakramahatautidakmenyenangkan
- Sembronodanimpulsif
- Tidakada rasa penyesalandancenderungmenyakiti orang lain
- Melakukantindakan-tindakan yang membahayakan orang lain
- Kesulitandalammempertahankanpekerjaannya
- Mudahfrustrasi
FAKTOR PENYEBAB
Perilakuantisosialberkembangdanterbentukdarihubungansosialdalamrumahtangga yang penuhdengankekerasan, komunitasmasyarakatdanlingkunganpendidikan yang penuhkekerasanjugaikutmempengaruhiterbentuknyagangguanantisosial. Hal iniakanmempengaruhitemperamendansikaplekasmarahpadaanak, kemampuanberpikir, keterlibatandalamkenakalanremaja, terlibatdalamkekerasandankriminaliasdanrendahnyapenyelesaianpermasalahan. Perilakuantisosialberhubunganeratdenganpelbagaibentukperilakulainnyadanmasalahperkembangansepertihiperaktif, depresi, kesulitanbelajar, danimpulsif.
Beberapafaktorpenyebabterbentuknyagangguankepribadianantisosial;
- Anak yang mengalamikekerasanfisikataudisertaikekerasanseksual
- Anak yang mengalamipenolakandarikeluargadanlingkungan
- Anakdariorangtuapenderitaantisosialjuga
- Anakdariorangtuapenggunaalkohol
- Terlibatdalamkelompokbermaindenganperilakuantisosial
- Kehidupanrumahtangga yang kacau
- Kurangnyapendidikandariorangtua
- Anaktumbuhdariorangtua yang terpisah, meninggalataubercerai
- Memilikigangguanperhatian
- Memilikigangguandalammembaca
- Kemiskinan, pengangguranatausebab-sebabekonomilainnya
- Faktor-faktorneurobiologi;
>komplikasipersalinan
>beratbayidibawahberat normal
>kerusakanotakpadamasakelahiran
>luka trauma padakepala
>sakitparah
>beratbayidibawahberat normal
>kerusakanotakpadamasakelahiran
>luka trauma padakepala
>sakitparah
Pengaruhbesardarikekerasanmelalui media sepertitelevisi, film, internet, video games bahkan film kartunsekalipunpadamasakanak-kanakakanmenumbuhkananakdalamkekerasan, agresifdanantisosialdikemudianhari.
Penelitian Robins (1966)4 menemukanbahwapembentukankarakteristiksosiopatseseorangmempunyaihubunganeratpadaanak yang memilikiorangtuaalkoholik yang nantinyamembentukanakmenjadiseorangantisosial.Disampingitu Robin jugamenemukanpadakeluarga-keluargatersebut, terjadinyapembentukankarakter APD padaanaklakidangangguansomatisasipadaanakperempuan.Hampirsamadenganpenelitian yang dilakukanolehGlueckdanGlueck (1968) yang melihatpengaruhorangtuaalkoholik, kekerasanterhadapanakdankehidupanrumahtangga yang berantakan. Glueckjugamenelitibahwaorangtua yang tidakmenerapkandisiplinterhadapanakdankurangnyakasihsayang yang diberikankepada sang anakdapatmenumbuhkangangguankepribadianantisosialdikemudianhari
PENCEGAHAN
Karenakemunculanawaldiagnosagangguankepribadianpadamasaremaja, makadiperlukanintervensisecaradinisebelumterbentukkepribadianantisosialpadaawalmasadewasanantinya;
>Kurangilahhukumanuntukmengontrolperilaku
>Penegasanterhadapaturandanmenerapkandisiplinpadaanak
>Kurangikesalahan-kesalahandalamduniapendidikanterhadapcaramengajar guru
>Belajarpelbagaipermasalahansosialdanpenerapan EQ terutamapadakeahlian interpersonal
>Konsistenterhadapkonsekuensidariperilaku-perilaku yang buruk
>Belajarmenghormati orang lain, perbedaanetnis, budayadansebagainya.
Keberhasilansebuahintervensidantreatmendalampenyembuhangangguankepribadiansangattergantungbeberapaanggotakomunitas yang berperanaktifdansalingberkesinambungan, orangtua, guru (termasukbimbingankonselorsekolah) danlingkunganmasyarakat yang sehat.Langkahterbaikadalahdenganpencegahankemunculangejalaawalgangguankepribadianantisosial;
1) Pendidikandasarsecaradinipadamasaanak-anak; penyelesaianmasalah, pengenalanemosi, danpengendalianamarahdengancarakonseling, latihan-latihanmengenaiketrampilansosial, hubunganinteraksidengan orang lain dansebagainya
2) Sekolahperlumendatangkantenagaahliprofesional yang dapatmembangkitkanmotivasidancarapendidikan yang tepat yang diperuntukkanuntukorangtuamurid. Selainitu even sepertiinidapatjugamemberimanfaatkepadaorangtuauntukmeningkatkanefektifitasstrategikeluargadalammengantisipasiterbentuknyagangguankepribadiananaksejakdini
3) Siswa yang mengidapgejala-gejalagangguankepribadianantisosialdiberikanbantuankonselingdanterlibatlangsungdalam group komunitas yang pedulidengankesehatan mental
4) Pendidikanmasyarakat, termasuk di dalamnyaorganisasikepemudaan yang telah di latiholehahliterapis yang dapatmembantuanak-anak yang beresikomengalamigangguankepribadianantisosial
TREATMENT
Karenakemunculanawaldiagnosagangguankepribadianpadamasaremaja, makadiperlukanintervensisecaradinisebelumterbentukkepribadianantisosialpadaawalmasadewasanantinya;
>Kurangilahhukumanuntukmengontrolperilaku
>Penegasanterhadapaturandanmenerapkandisiplinpadaanak
>Kurangikesalahan-kesalahandalamduniapendidikanterhadapcaramengajar guru
>Belajarpelbagaipermasalahansosialdanpenerapan EQ terutamapadakeahlian interpersonal
>Konsistenterhadapkonsekuensidariperilaku-perilaku yang buruk
>Belajarmenghormati orang lain, perbedaanetnis, budayadansebagainya.
Keberhasilansebuahintervensidantreatmendalampenyembuhangangguankepribadiansangattergantungbeberapaanggotakomunitas yang berperanaktifdansalingberkesinambungan, orangtua, guru (termasukbimbingankonselorsekolah) danlingkunganmasyarakat yang sehat.Langkahterbaikadalahdenganpencegahankemunculangejalaawalgangguankepribadianantisosial;
1) Pendidikandasarsecaradinipadamasaanak-anak; penyelesaianmasalah, pengenalanemosi, danpengendalianamarahdengancarakonseling, latihan-latihanmengenaiketrampilansosial, hubunganinteraksidengan orang lain dansebagainya
2) Sekolahperlumendatangkantenagaahliprofesional yang dapatmembangkitkanmotivasidancarapendidikan yang tepat yang diperuntukkanuntukorangtuamurid. Selainitu even sepertiinidapatjugamemberimanfaatkepadaorangtuauntukmeningkatkanefektifitasstrategikeluargadalammengantisipasiterbentuknyagangguankepribadiananaksejakdini
3) Siswa yang mengidapgejala-gejalagangguankepribadianantisosialdiberikanbantuankonselingdanterlibatlangsungdalam group komunitas yang pedulidengankesehatan mental
4) Pendidikanmasyarakat, termasuk di dalamnyaorganisasikepemudaan yang telah di latiholehahliterapis yang dapatmembantuanak-anak yang beresikomengalamigangguankepribadianantisosial
TREATMENT
Medikasi
Sejauhinitidakadajenisobatefektifuntukmengobatigangguankepribadianantisosial, obat-obatdiberikanuntukbeberapakondisitertentu yang terjadipadapasien.Obat anti psikotikdiberikanbertujuanmengontrolsimtom-simtom yang munculseperti paranoia, permusuhandanagresivitasdanimpulsif.Obatinitidakbolehdiberikandalamdosisitinggidanmelaluikontroldaridokter.
Jenisobatstablishing mood, jenislithium (Eskalith, Lithobid) merupakanjenisobat yang diberikanuntukmembantupasien agar lebihtenang
Sejauhinitidakadajenisobatefektifuntukmengobatigangguankepribadianantisosial, obat-obatdiberikanuntukbeberapakondisitertentu yang terjadipadapasien.Obat anti psikotikdiberikanbertujuanmengontrolsimtom-simtom yang munculseperti paranoia, permusuhandanagresivitasdanimpulsif.Obatinitidakbolehdiberikandalamdosisitinggidanmelaluikontroldaridokter.
Jenisobatstablishing mood, jenislithium (Eskalith, Lithobid) merupakanjenisobat yang diberikanuntukmembantupasien agar lebihtenang
Psikoterapi
Beberapaalternatifpenyembuhanmelaluiterapipsikologisdapatdilakukandengan schema therapy, dialectic behavioural therapy (DBT), psychoanalytic psychotherapy, dancognitive analytical therapy (CAT) [PD]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar