Tolong Klik Disini Untuk Membantu Saya Membeli Roti Setiap Harinya!

PENYAKIT SISTEMIK THYPUS DAN KOLERA

BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang

PKPKR dalam pelayanan kebidanan adalah sebagai penanganan penyakit yang menjadi masalah kesehatan pada masyarakat terutama didaerah yang sedang berkembang karena erat berhubungan dengan kemiskinan, pengetahuan yang rendah, higiene dan sanitasi jelek. Diantaranya adalah penyakit sistemik thypus dan kolera yang penyebabnya adalah Samonella typhi dengan masa inkubasi antara 3-60 hari.

Di indonesia rata-rata terdapat 900.000 kasus, 91% pada umur 3-19 tahunn dengan 20.000 kematian setiap tahunnya. Pada daerah endemik gejala klinik sering terjadi multidrug resisten sehingga pasien akan kelihatan lebih toksik dengan gangguan kesadaran.

Tujuan pkpkr adalah sebagai usaha bagi tenaga kesehatan untuk dapat menangani suatu penyakit. Dimana dalam pkpkr akan membahas penyebab, definisi, gejala klinis, adakah efeknya terhadap seorang ibu yang sedang hamil ataupun terhadap janinnya, bagaimana tatalaksananya terhadap penyakit tersebut, dan bagaimana pengobatannya. Maka dari itu pkpkr sangat diperlukan bagi kita sebagai tenaga kesehatan.

1.2 Tujuan

1. Mengetahui tujuan PKPKR
2. Memahami PKPKR
3. Mengetahui Penyebab suatu penyakit
4. Dapat melakukan tatalaksana suatu penyakit serta pengobatanny
5. Mengetahui manfaat PKPKR bagi tenaga kesehatan dalam penanganan suatu penyakit.

BAB II
THYPUS


2.1 Pengertian

Penyakit typus adalah penyakit infeksi yang mengenai bagian ujung usus halus. Penyebabnya adalah kuman salmonella typosa. Kuman ini masuk melalui makanan dan minuman yang sudah terkontaminasi, hidup dan berkembang dalam perut terutama di saluran empedu. Jika terkena penyakit ini, maka badan terasa panas terutama sore dan malam hari yang diikuti perubahan kesadaran berupa ‘meranyau, mengigau’ dan gangguan usus misalnya kembung, diare, muntah atau bahkan tidak bisa buang air besar. Penyakit typus bisa membawa kematian jika usus anak bocor akibat kuman tersebut. Kuman tersebut bisa dibunuh dengan antibiotika, tapi kadang-kadang tidak semua kuman mati terutama yang ada di kandung empedu dan sewaktu waktu kuman tersebut keluar dari kandung empedu ke usus, jika daya tahan tubuh lemah maka typus akan kambuh lagi. Saat ini sudah tersedia imunisasi untuk mencegapenyakit typus.

2.2 Gejala klinis

Sedikit tentang typus Kenali gejala tipus (thypus abdominal atau typhoid fever) yang tergolong berat dan berbahaya. Gejala awalnya perlu dikenali sebelum terlambat diobati. Selain itu, tipus kasus infeksi perut yang banyak di sini. Diawali demam lebih dari seminggu. Mulanya seperti orang mau flu. Bedanya, demam tipus umumnya muncul sore dan malam hari. Tidak disertai gejala batuk pilek. Demamnya sukar turun walau minum obat dan disertai nyeri kepala hebat. Perut terasa tidak enak, dan tidak bisa buang air beberapa hari.
Pada paratipus – jenis tipus yang lebih ringan – mungkin sesekali mengalami buang-buang air. Jika diamati, lidah tampak berselaput putih susu, bagian tepinya merah terang. Bibir kering, dan kondisi fisik tampak lemah, serta nyata tampak sakit. Jika sudah lanjut, mungkin muncul gejala kuning, sebab pada tipus organ hati bisa membengkak seperti gejalahepatitis. Pada tipus limpa juga membengkak.Kuman tipus tertelan lewat makanan atau minuman tercemar. Bisa jadi sumbernya dari pembawa kuman tanpa ia sendiri sakit tipus. Kuman bersarang di usus halus, lalu menggerogoti dinding usus. Usus luka, dan sewaktu-waktu tukak tipus bisa jebol, dan usus jadi bolong.
Ini komplikasi tipus yang paling ditakuti. Komplikasi tipus umumnya muncul pada minggu kedua demam. Yaitu jika mendadak suhu turun dan disangka sakitnya sudah menyembuh, namun denyut nadi meninggi, perut mulas melilit, dan pasien tampak sakit berat. Kondisi begini membutuhkan pertolongan gawat darurat, sebab isi usus yang tumpah ke rongga perut harus secepatnya dibersihkan. Untuk tahu benar kena tipus harus periksa darah. Setelah minggu pertama demam tanda positif tipus baru muncul di darah (Uji Widal).

Masa tunas 7-14 (rata-rata 3 – 30) hari, selama inkubasi ditemukan gejala prodromal.
Gejala awal tumbuhnya penyakit/gejala yang tidak khas :
• Perasaan tidak enak badan
• Lesu
• Nyeri kepala
• Pusing
• Diare
• Anoreksia
• Batuk
• Nyeri otot (Mansjoer, Arif 1999).

Menyusul gejala klinis yang lain yaitu :
1. DEMAM
Demam berlangsung 3 minggu
• Minggu I : Demam remiten, biasanya menurun pada pagi hari dan meningkat pada sore dan pada malam hari
• Minggu II : Demam terus
• Minggu III : Demam mulai turun secara berangsur – angsur

2. GANGGUAN PADA SALURAN PENCERNAAN
• Lidah kotor yaitu ditutupi selaput kecoklatan kotor, ujung dan tepi kemerahan, jarang disertai tremor
• Hati dan limpa membesar yang nyeri pada perabaan
• Terdapat konstipasi, diare

3. GANGGUAN KESADARAN
• Kesadaran yaitu apatis – somnolen
• Gejala lain “ROSEOLA” (bintik-bintik kemerahan karena emboli hasil dalam kapiler kulit) (Rahmad Juwono, 1996).

TYPHOID ABDOMINALIS

A. Pengertian

Typhoid adalah penyakit infeksi akut usus halus yang disebabkan oleh kuman salmonella thypi dan salmonella para thypi A,B,C. sinonim dari penyakit ini adalah Typhoid danparatyphoid abdominalis, (Syaifullah Noer, 1998).
Typus abdominalis adalah penyakit infeksi akut yang biasanya mengenai saluran
pencernaan dengan gejala demam lebih dari 7 hari, gangguan pada saluran cerna,
gangguan kesadaran, dan lebih banyak menyerang pada anak usia 12 – 13 tahun(% -80%), pada usia 30 - 40 tahun (10%-20%) dan diatas usia pada anak 12-13tahun sebanyak ( 5%-10% ). (Mansjoer, Arif 1999). Typus abdominalis adalah penyakit infeksi akut yang biasanya mengenai saluranpencernaan dengan gejala demam yang lebih dari 1 mingggu .

2.3 Patogenesis

Penularan salmonella thypi dapat ditularkan melalui berbagai cara, yang dikenal dengan 5 F yaitu Food (makanan), Fingers (jari tangan/kuku), Fomitus (muntah), Fly (lalat), dan melalui Feses. Feses dan muntah pada penderita typhoid dapat menularkan kuman salmonella thypikepada orang lain. Kuman tersebut dapat ditularkan melalui perantara lalat, dimana lalat akan hinggap dimakanan yang akan dikonsumsi oleh orang yang sehat. Apabila orang tersebut kurang memperhatikan kebersihan dirinya seperti mencuci tangan dan makanan
yang tercemar kuman salmonella thypi masuk ke tubuh orang yang sehat melalui mulut.

Kemudian kuman masuk ke dalam lambung, sebagian kuman akan dimusnahkan oleh asam lambung dan sebagian lagi masuk ke usus halus bagian distal dan mencapai jaringan limpoid. Di dalam jaringan limpoid ini kuman berkembang biak, lalu masuk ke aliran darah dan mencapai sel-sel retikuloendotelial. Sel-sel retikuloendotelial ini kemudian melepaskan kuman ke dalam sirkulasi darah dan menimbulkan bakterimia, kuman selanjutnya masuk limpa, usus halus dan kandung empedu.

2.4 Efek Pada Ibu Hamil

Typus abdominalis dalam kehamilan, dan nifas menunjukan angka kematian yang lebih tinggi dari pada di luar kehamilan. Penyakit ini mempunyai pengaruh buruk terhadap kehamilan. Dalam 60-80 % hasil konsepsi keluar secara spontan,lebih dini terjadinya infeksi dalam kehamilan, lebih besar kemungkinan berakhirnya kehamilan.

2.5 Penatalaksanaan

1.5.1 Penatalaksanaan pada ibu normal
Terdiri dari 3 bagian, yaitu :
1) Perawatan
• Tirah baring absolut sampai minimal 7 hari bebas demam atau kurang lebih selama 14 hari.2 jam untuk mencegah dekubitus.
• Posisi tubuh harus diubah setiap
• Mobilisasi sesuai kondisi.
2) Diet
• Makanan diberikan secara bertahap sesuai dengan keadaan penyakitnya.
• Makanan mengandung cukup cairan, TKTP.
• Makanan harus menagndung cukup cairan, kalori, dan tinggi protein, tidak boleh mengandung banyak serat, tidak merangsang maupun menimbulkan banyak gas.
3) Obat
• Antimikroba
Kloramfenikol Tiamfenikol Co-trimoksazol (Kombinasi Trimetoprim dan Sulkametoksazol)
• Obat Symptomatik Antipiretik
Kartikosteroid, diberikan pada pasien yang toksik.
Supportif : vitamin-vitamin.
Penenang : diberikan pada pasien dengan gejala neuroprikiatri
(Rahmad Juwono, 1996).

1.5.2 Penatalaksanaan pada ibu hamil

Pengobatan dengan kloramfenikol atau tiamfenikol (Urfamycin) biasanya cukup manjur. Waktu ada wabah, semua wanita hamil perlu diberi vaksinasi. Walaupun kuman-kuman tufus abdominalis tidak di keluarkan melalui air susu, namun sebaiknya penderita tidak menyusui bayinya karena keadaan umum ibu biasanya tidak mengizinkan, dan karena kemungkinan penuluaran oleh ibu melalui jalan lain tetap ada. Tifus abdominalis tidak merupakan indikasi bagi abortus buatan.










BAB III
KOLERA

3.1 Pengertian

Penyakit kolera (cholera) adalah penyakit infeksi saluran usus bersifat akut yang disebabkan oleh bakteri Vibrio cholerae, bakteri ini masuk kedalam tubuh seseorang melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi. Bakteri tersebut mengeluarkan enterotoksin (racunnya) pada saluran usus sehingga terjadilah diare (diarrhoea) disertai muntah yang akut dan hebat, akibatnya seseorang dalam waktu hanya beberapa hari kehilangan banyak cairantubuh dan masuk pada kondisi dehidrasi.

Apabila dehidrasi tidak segera ditangani, maka akan berlanjut kearah hipovolemik dan asidosis metabolik dalam waktu yang relatif singkat dan dapat menyebabkan kematian bila penanganan tidak adekuat. Pemberian air minum biasa tidak akan banyak membantu, Penderita (pasien) kolera membutuhkan infus cairan gula (Dextrose) dan garam (Normal saline) atau bentuk cairan infus yang di mix keduanya (Dextrose Saline).

3.2 Gejala Klinis dan Tanda Penyakit Kolera

Pada orang yang feacesnya ditemukan bakteri kolera mungkin selama 1-2 minggu belum merasakan keluhan berarti, Tetapi saat terjadinya serangan infeksi maka tiba-tiba terjadi diare dan muntah dengan kondisi cukup serius sebagai serangan akut yang menyebabkan samarnya jenis diare yg dialami.

Akan tetapi pada penderita penyakit kolera ada beberapa hal tanda dan gejala yang ditampakkan, antara lain ialah :
- Diare yang encer dan berlimpah tanpa didahului oleh rasa mulas atau tenesmus.
- Feaces atau kotoran (tinja) yang semula berwarna dan berbau berubah menjadi cairan putih keruh (seperti air cucian beras) tanpa bau busuk ataupun amis, tetapi seperti manis yang menusuk.
- Feaces (cairan) yang menyerupai air cucian beras ini bila diendapkan akan mengeluarkan gumpalan-gumpalan putih.
- Diare terjadi berkali-kali dan dalam jumlah yang cukup banyak.
- Terjadinya muntah setelah didahului dengan diare yang terjadi, penderita tidaklah merasakan mual sebelumnya.
- Kejang otot perut bisa juga dirasakan dengan disertai nyeri yang hebat.
- Banyaknya cairan yang keluar akan menyebabkan terjadinya dehidrasi dengan tanda-tandanya seperti ; detak jantung cepat, mulut kering, lemah fisik, mata cekung, hypotensi dan lain-lain yang bila tidak segera mendapatkan penangan pengganti cairan tubuh yang hilang dapat mengakibatkan kematian.

3.3 Patogenesis

Setelah tertelan, vibrio harus melewati lingkungan asam lambung, apabila berhasil vibrio akan membentuk koloni di usus kecil bagian atas yaitu pada permukaan sel-sel epitel di dalam lapisan mukosa. Perlekatan terutama diperantarai oleh Toxin Coregulated Pilus (TCP), dinamakan demikian karena sintosis TCP diatur secara paralel dengan toksin kolera (Kolera Toxin, CT).

Toksin kolera adalah suatu toksin protein yang terutama menimbulkan diare cair yang merupakan ciri khas kolera. Toksin kolera tersusun dari sebagian enzimatikmonomerik (sub unit A) dan sebagian ikatan pentamerik (sub unit B).

Pentamer B berikatan pada ganglioside G M1, suatu reseptor glikolipid pada permukaan sel epitel jejenum, dan kemudian mengirim sub unit A ke target sistoliknya. Sub unit A aktif (A1) memindahkan secara irerversibel ribosa ADP dan nikotinamid adenin dinukleotida (NAD) ke target protein spesifiknya, komponen pengaturan ikatan GTP dari adenilat siklase dalam sel epitel usus. Ketika rebosilasi ADP yang disebut protein G menaikan pengaturan sub unit katalitik siklase, hasilnya adalah tingginya kadar AMP siklik (CAMP) dalam akumulasi intraseluler.

CAMP sebaliknya menghambat sistem transpor ekskresi florida dalam sel kriptus sehingga menimbulkan akumulasi natrium klorida dalam lumen usus. Sejak air bergerak pasif untuk mempertahankan osmolitas, cairan isotonik terakumulasi dalam lumen. Ketika volume cairan melebihi kapasitas penyerapan usus, terjadi diare cair. Cairan diare yang hilang bersifat isotonis terhadap plasma dan relatif mengandung konsentrasi tinggi bikarbonat dan kalium. Kehilangan cairan dengan cara demikian ini biasanya mengakibatkan defisit isotonus natrium dalam air, asidosis terjadi karena defisit biasa dan pengosongan kalium. Jika cairan dan elektrolit yang keluar tidak diganti secara adekuat, dapat terjadi syok karena dehidrasi berat dan asidosis karena kehilangan bikarbonat.(1)

Keparahan kehilangan cairan dan elektrolit pada kolera diansdingkan dengan kehilangan karena enteropatogen lain yang menghasilkan enterotoksin yan sangat terkait dengan toksin kolera misalnya E. coli, salmonella dapat akibat dari toksin lain dalam virulensi V. kolera.(2)

3.4 Efek pada Janin

Penyakit kolera pada ibu hamil bisa menyebabkan kematian janin di dalam kandungan.

3.5 Penanganan dan Pengobatan Penyakit Kolera

Penderita yang mengalami penyakit kolera harus segera mandapatkan penaganan segera, yaitu dengan memberikan pengganti cairan tubuh yang hilang sebagai langkah awal. Pemberian cairan dengan cara Infus/Drip adalah yang paling tepat bagi penderita yang banyak kehilangan cairan baik melalui diare atau muntah. Selanjutnya adalah pengobatan terhadap infeksi yang terjadi, yaitu dengan pemberian antibiotik/antimikrobial seperti Tetrasiklin, Doxycycline atau golongan Vibramicyn. Pengobatan antibiotik ini dalam waktu 48 jam dapat menghentikan diare yang terjadi.
Pada kondisi tertentu, terutama diwilayah yang terserang wabah penyakit kolera pemberian makanan/cairan dilakukan dengan jalan memasukkan selang dari hidung ke lambung (sonde). Sebanyak 50% kasus kolera yang tergolang berat tidak dapat diatasi (meninggal dunia), sedangkan sejumlah 1% penderita kolera yang mendapat penanganan kurang adekuat meninggal dunia. (massachusetts medical society, 2007 : Getting Serious about Cholera). Pemberian cairan infus / drip paling tepat bagi penderita yang kehilangan cairan baik diare maupun muntah. Pemberian antibiotik / antimikrobial seperti tetrasiklin, Doxycycline atau golongan vibramycin. Pengobatan antibiotik dalam waktu 48 jam dapat menghentikan diare.












BAB IV
KESIMPULAN


Penyakit typus adalah penyakit infeksi yang mengenai bagian ujung usus halus. Penyebabnya adalah kuman salmonella typosa. Kuman ini masuk melalui makanan dan minuman yang sudah terkontaminasi, hidup dan berkembang dalam perut terutama di saluran empedu.

Penularan salmonella thypi dapat ditularkan melalui berbagai cara, yang dikenal dengan 5 F yaitu Food (makanan), Fingers (jari tangan/kuku), Fomitus (muntah), Fly (lalat), dan melalui Feses.

Kolera adalah suatu penyakit akut yang menyerang saluran pencernaan yang disebabkan oleh kelompok enterotoksin yang dihasilkan oleh vibrio Kolera yang ditandai dengan diare cair ringan, diare cair berat dengan muntah yang dengan cepat dapat menimbulkan syok hipovolemik, asidosis metabolik dan tidak jarang menimbulkan kematian.

Penyebab kolera adalah mikroorganisme berbentuk batang, berukuran pendek, sedikit melengkung, dapat bergerak, bersifat gram negatif dan mempunyai flagela polar tunggal. Biasanya penyebaran melalui makanan dan air yang terkontaminasi merupakan media perantara penularan kolera. Penularan biasanya terjadi di tempat yang padat penduduknya dengan tingkat sosial ekonomi dan gizi penduduk yang rendah dan keadaan sanitasi lingkungan yang tidak bersih.








DAFTAR PUSTAKA


1. Keusch G.T dan Deresiewicz R.L., Kolera, Harrison Prinsip-prinsip Ilmu Penyakit Dalam,Volume 4, Edisi 5, EGC, Jakarta, 2000, hal 766-768.
2. Gomez H.F dan Cleary T.G., Kolera, Nelson, Ilmu Kesehatan Anak, Bagian 2, edisi 12, EGC, Jakarta, 1992, hal 102
3. Noersahid H Suraatmadja S dan Asnil P.O, Gastroenteritis Akut Gastroenterologi Anak Praktis, FKUI 1988, hal 51-70.
4. www.goegle.com

Tidak ada komentar: