Tolong Klik Disini Untuk Membantu Saya Membeli Roti Setiap Harinya!

PROPOSAL TERAPI AKTIVITAS KELOMPOK (TAK) HALUSINASI





I.       Latar Belakang

Kelompok adalah kumpulan individu yang memiliki hubungan satu sama dengan yang lain, saling bergantung dan mempunyai norma yang sama (Stuart dan Laraia, 2001 dalam ). Anggota kelompok mungkin datang dari berbagai latar belakang yang harus ditangani sesuai keadaannya, ketidaksamaan, kesukaan, dan menarik (Yalom, 1995 dalam Stuart dan Laraia, 2001 dalam ). Semua Kondisi ini akan mempengaruhi dinamika kelompok, ketika kondisi ini akan memberikan umpan balik yang berarti dalam berbagai interaksi yang terjadi dalam kelompok.

Terapi Aktivitas Kelompok (TAK) : sosialisasi, adalah upaya memfasilitasi kemampuan sosialisasi sejumlah klien dengan masalah hubungan sosial. Salah satu gangguan hubungan sosial pada pasien gangguan jiwa adalah isolasi sosial yang merupakan salah satu masalah keperawatan yang dapat ditemukan pada pasien gangguan jiwa. Isolasi sosial adalah keadaan di mana seorang individu mengalami penurunan atau bahkan sama sekali tidak mampu berinteraksi dengan orang lain di sekitarnya. Pasien mungkin merasa ditolak, tidak diterima, kesepian, dan tidak mampu membina hubungan yang berarti dengan orang lain. Salah satu penanganannya yaitu dengan melakukan Terapi Aktivitas Kelompok yang bertujuan untuk mengidentifikasi halusinasi dan mengontrol halusinasi yang dialaminya.

Dari beberapa kasus gangguan jiwa yang ada di RSJ Provinsi Lampung terdapat pasien yang menderita isolasi sosial. Oleh karena itu, perlu diadakan Terapi Aktivitas Kelompok tentang isolasi sosial.


II.    Tujuan

a.       TujuanUmum
Klien dapat mengontrol halusinasi yang dihadapinya.
b.      Tujuan Khusus

a.       Klien dapat memperkenalkan diri: nama langkap dan nama panggilan
b.      Klien dapat mengenal halusinasi
c.       Klien mengenal waktu terjadinya halusinasi
d.      Klien mengenal situasi terjadinya halusinasi
e.       Klien mengenal perasaanya pada saat terjadi halusinasi

III.         Waktu dan Tempat

Hari/ tanggal       : Kamis, 15 April 2010
Jam                    : 10.00 WIB
Tempat               : Ruang Melati  RSJ Daerah Propinsi Lampung

IV.         Metode

1.      Dinamika kelompok
2.      Diskusi dan tanya jawab
3.      Bermain peran/ simulasi

V.            Media/ Alat

1.      Tape recorder
2.      Kaset “
3.      Bunga
4.      Buku catatan dan pulpen
5.      Kartu kwartet
6.      Jadwal kegiatan klien



VI. Setting Tempat
L
CL
 


           

                       
K
K
F
F
O
F
K
K
 











Keterangan gambar:
L
: Observer
O
 

            : Leader                                                                      
CL
 

: Fasilitator/ perawat

F
            : Co-Leader

           
K
: Klien

 



VII.          Klien
A.    Kriteriaklien
1.      Klienmengalami gangguan persepsi sensori : halusinasi ( bereaksi tanpa stimulus  nyata)
2.      Klienkerusakan komunikasi verbal yang berespons tidak sesuai dengan stimulus.
B.     Prosesseleksi
1.      Mengidentifikasi klien yang masuk kriteria.
2.      Mengumpulkan klien yang masuk kriteria.
3.      Membuat kontrak dengan klien yang setuju ikut TAK, meliputi: menjelaskan tujuan TAK pada klien, rencana kegiatan kelompok dan aturan main dalam kelompok

VIII. KriteriaHasil

1.      EvaluasiStruktur
a.       Tim berjumlah11orang. terdiri atas 1 leader, 1 Co leader,8fasilitator, dan 1observer.
b.      Pasien TAK 7 orang yang sesuai kriteria
c.       Lingkungantenang.
d.      Peralatan memadai

2.      Evaluasi Proses
a.       Minimal 75 % dapat mengikuti permainan dan dapat mengikutikegiatan dari awal sampai selesai.
b.      Minimal 75 % klienaktifmengikutikegiatan.
c.       Maksimal 25 % klien yang keluar

3.      Evaluasi Output
a.       Minimal 75 % mampu memperkenalkan dirinya dengan menyebutkan nama lengkap, nama panggilan yang disukai.
b.      Minimal 75 % mampu menyebutkandan menceritakan isi halusinasi yang dialami.
c.       Minimal 75 % mampu
d.      Minimal 75 % mampu mengikuti peraturan permainan.
e.       Minimal 75 % mampu menyebutkan manfaat dari TAK


IX.Antisipasi Masalah

1.      Penanganan klien yang tidak aktif saat aktifitas kelompok
-          Memanggil klien
-          Memberi kesempatan kepada klien tersebut untuk menjawab sapaan perawat atau klien yang lain
2.      Bila klien meninggalkan permainan tanpa pamit:
-          Panggil nama klien
-          Tanya alasan klien meninggalkan permainan
-          Berikan penjelasan tentang tujuan permainan dan berikan penjelasan pada klien bahwa klien dapat melaksanakan keperluannya setelah itu klien boleh kembali lagi
3.      Bila ada klien lain ingin ikut
-          Berikan penjelasan bahwa permainan ini ditujukan pada klien yang telah dipilih
-          Katakan pada klien lain bahwa ada permainan lain yang mungkin dapat diikuti oleh klien tersebut
-          Jika klien memaksa, beri kesempatan untuk masuk dengan tidak memberi peran pada permainan tersebut.

X.            Pembagian Tugas

A.    Leader : Ketut Jati S
Tugas:
-          Menyiapkan proposal kegiatan TAK
-          Menyampaikantujuandanperaturankegiatanterapiaktifitaskelompoksebelumkegiatandimulai.
-          Menjelaskanpermainan.
-          Mampumemotivasianggotauntukaktifdalamkclompokdanmemperkenalkandirinya.
-          Mampu memimpin tcrapi aktilitas kelompok denganbaik dan tertib
-          Menetralisirbilaadamasalah yang timbuldalamkelompok.

B.     Co leader : FirdaGarbo
Tugas :
-          Menyampaikaninformasidarifasilitatorkeleader tentangaktifitasklien.
-          Mengingatkan leader jikakegiatanmenyimpang.

C.     Fasilitator : Elfina,Nurlaely, Brian
Tugas:
-          Menyediakan fasilitas selamakegiatan berlangsung.
-          Memotivasi klien yang kurang aktif.
-          Membantu leader memfasilitasi anggota untuk berperan aktif dan memfasilitasi anggota kelompok

D.    Observer : Umri afrizal
Tugas :
-          Mengobservasi jalannya proses kegiatan
-          Mencatat prilaku verbal dan non- verbal klien selama kegiatan berlangsung
E.     Klien : Romza, Eko S, Eko F, Yulianto K





Tidak ada komentar: